Wednesday 31 July 2013

 - Pesona wisata bogor
Bumi Perkemahan Cibubur berada di arah timur dari Jakarta. Bumi perkemahan yang cukup terkenal tersebut yakni Bumi Perkemahan dan Graha Wisata atau disingkat Buperta ini berlokasi di Cibubur. Tempat ini angat identik dengan Jambore Nasional Pramuka. Dengan kondisi Jakarta yang kian hari kian padat, Jakarta masih manyisihkan tanah seluas sekitar seluas 210 Hektar sebagai tempat untuk mengisi kegiatan berkemah. Bumi perkemahan Cbubur sendiri sudah berdiri sejak tahun 1973 yang pada mulannya masih berupa sebuah hutan karet. Dan saat ini, Seiiring dengan berjalannya waktu, kawasan bumi perkemahan cibbur tidak lepas dari adanya sentuhan renovasi yang bertujuan untuk semakin memudahkan pengunjung sampai sekarang. Selanjutnya, Presiden Soeharto, presiden Indonesia kala itu, meresmikan Bumi Buperta di tahun 1981. Keahiran Buperta tentu karena peran besar para Pramuka di Indonesia.

Mulannya, lahan bumi perkemahan Cibubur ini memiliki luas 230 Hektar serta menjadi satu dengan Taman Bunga Wildatika Cibubur. Akan tetapi, dikarenakan adanya proyek tol Jagorawi, lahan tersebut terpangkas menjadi 210 Hektar dan terpisah dengan taman bunga Wildatika Cibubur. Bumi Perkemahan Ciubur tidak berdiri sendiri, mereka ada di bawah naungan Kwarnas serta bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat hingga TNI Angkatan Udara. Semua itu memiliki tujuan untuk mendukung kegiatan yang dijalankan Buperta. Di dalam area uperta ini juga ada lapangan terbang untuk olahraga kedirgantaraan yang mempunyai landasan pacu dengan panjang sekitar 1.000 meter. Lahan Bumi perkemahan dan wisata Cibubur terbagi dalam beberapa bagian, yakni area perkemahan pada hamparan rumput yang bebas seluas 80 Hektar. Di area ini, masih terbagi lagi jadi 2 bagian, yakni Kemah Putra (Kempa) serta Kemah Putri (Kempi) yang mampu untuk menampung hingga 20.000 orang.

Fasilitas menarik lainnya yang juga ditawarkan adalah aula serbaguna, lapangan utama, cafetaria, kolam renang, danau, hutan wisata, sarana ibadah 5 agama, serta toilet. Buperta juga menyediakan lokasi berkemah ntuk siapa saja yang datang. Adapun kegiatan yang dapat Anda lakukan di sana bisa bermacam-macam, seperti outbound, berkemah, bermain sepeda air di danau atau bisa juga hanya untuk sekedar jalan-jalan. Biaya sewa lokasi untuk berkemah juga cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 10.000 per malam. Anda tidak perlu khawatir bila Anda tidak membawa perlengkapan kemah sendiri, karena Bumi perkemahan dan wisata Cibubur menyediakan tenda dengan berbagai ukuran dengan tarif harga sekitar Rp 40.000 sampai Rp 300.000. Namun perlu diketahui, ada persyaratan bila Anda ingin berkemah di sini. Anda tidak dibolehkan membawa tenda milik Anda sendiri lebih dari 2, sebab Anda akan tetap dikenakan pajak sebesar 20% dari harga sewa tenda yang telah disediakan. Bila Anda tak ingin berkemah, maka di sana juga terdapat penginapan berupa wisma yang nyaman untuk tempat Anda beristirahat selamma di Kawasan Bumi Perkemahan Cibubur.


EmoticonEmoticon