Friday 16 August 2013

Goa Gudawang - Stalagmit adalah sebuah bebatuan unik berbentuk mengerucut dan umumnya bisa ditemukan menggantung di sekitar dinding gua. Menyaksikan pesona keindahan dan mengagumkan dari bermacam bebatuan yang terbentuk sebagai hasil dari tetesan air juga mengandung sejumlah unsur mineral yang sudah sejak ratusan tahun yang lalu, adalah sebuah kegiatan yang langka. Hal itu karena, tak semua gua yang bisa kita kunjungi menyimpan bebatuan unik itu. Nah, untuk Anda yang menginginkan berwisata serta mengunjungi pusat wisata yang ada di kota Bogor, ada sebuah lokasi wisata yang menarik dan sebaiknya jangan sampai anda lewatkan. Dengan pesona indahnya pemandangan alam yang masih sangat alami, Anda juga akan disuguhi dengan keindahan dari bermacam bebatuan Stalaktik serta Stalagmit yang eksotik. Salah satu dari objek wisata yang tersimpan di balik kesejukan suasana alam di kota bogor tersebut, adalah Wana Wisata Goa Gudawang.

 Lokasi wisata di kota Bogor ini sangatlah cocok bagi anda yang ingin melihat pesona keindahan dari sebuah fenomena alam yang menakjubkan tersebut. Kawasan Wisata Goa Gudawang tepatnya berada di Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Lokasinya berjarak kurang lebih 44 kilometer dari Kota Bogor, dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Akses untuk menuju kawasan wisata goa ini, juga bisa ditempuh dari arah kota Tanggerang, yaitu sekitar 60 kilometer serta akan memakan waktu sekitar dua jam perjalanan. Kawasan Wisata Goa Gudawang termasuk pula ke dalam sebuah kawasan cagar budaya dan hutan yang dilindungi. Tak salah jika panorama alam yang tersaji d isekitar obyek wisata ini, terlihat masih sangat asri dan alami, serta juga menawarkan suasana yang teduh dengan udara yang menyegarkan.

Bermacam jenis pepohonan tumbuh dengan rindangnya menyelimuti seluruh permukaan kawasan wisata Goa Gudawang, sehingga sangatlah cocok dipakai sebagai area untuk bersantai serta berekreasi. Terdapat juga sejumlah fasilitas seperti tempat-tempat peristirahatan di sekitar area wisata yang eksotis ini, yang bisa kita pakai untuk duduk sambil menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Ynag jadi keunikan dari Kawasan Wisata Goa Gudawang, adalah adanya sekitar 12 buah gua dengan ukuran serta kedalaman yang berbeda-beda yang tersebar di sekitar area dengan luas lebih kurang kurang lebih 25 hektar itu. Sampai saat ini, masih belum diketahui dengan pasti sejarah penemuan dari salah satu warisan budayaan Indonesia ini. Namun berdasarkan  pihak Dinas Kebudayaan setempat, nama dari Goa Gudawang sendiri diambil dari bahasa setempat yang artinya ialah ekor kuda yang dikepang. Masih belum cukup jelas apa hubungan antara nama tersebut, dengan sejumlah gua yang berada di kawasan wisata ini. Hal ini, seperti jadi sebuah misteri yang menyelimuti beragam keindahan Taman Wisata Goa Gudawang.


EmoticonEmoticon