Saturday 31 August 2013

Istana Bogor letaknya berjarak 60 kilometer dari kota Jakarta, dan 43 kilometer dari Cipanas. Istana Bogor berada di pusat kota Bogor dan berdiri di atas tanah seluas 28,86 hektar pada ketinggian 290 meter dpl. Hal inilah yang menyebabkan udara serta alam di sekitar istana ini begitu sejuk dan indah. Sejauh mata memandang, terbentanglah hamparan rumput segar yang menghijau serta pepohonan rindang yang berpadu dengan sejumlah bangunan istana yang penuh akan nilai sejarah. Selain jadi tuan rumah dari bermacam flora, Istana Bogor juga tuan rumah dari bermacam benda-benda seni seperti lukisan dan patung. Saat ini, pengunung yang ingin melihat serta mengenal Istana Bogor dengan lebih dekat, bisa berkunjung ke Istana Bogor dengan program Istana Untuk Rakyat. Sama seperti halnya dengan program serupa yang telah lebih dulu dilaksanakan di Istana Kepresidenan Jakarta, pengunjung bisa mengunjungi Istana Bogor dengan memnuhi persyaratan yang mudah serta gratis.


Terdapat dua program kunjungan di Istana Bogor yang tersedia. Yang pertama adalah program yang dilaksanakan tiap akhir pekan dan yang kedua adalah program wisata istana reguler yang dilaksanakan pada hari kerja. Untuk pengunjung perorangan ataupun keluarga, akan lebih praktis serta nyaman bila mengikuti program wisata istana pada akhir pekan sebab mendaftar kemudian langsung mengikuti tour pada hari yang sama. Jika imgin berkunjung, Anda hanya harus mendaftar pada panitia kunjungan istana yang berada di halaman Gedung DPRD kota Bogor. Bila gilirannya sudah tiba, pengunjung akan segera diberangkatkan dalam rombongan dengan jumlah kurang lebih 100 pengunjung dari halaman gedung DPRD kota Bogor ke Istana Bogor yang jaraknya 50 meter. Pendaftaran ini dimulai dari jam 08.00 WIB sampai jam 14.00 WIB pada akhir pekan (hari Sabtu dan Minggu).

Sementara untuk program wisata istana reguler yang dilaksanakan pada hari kerja, program ini lebih banyak ditujukan untuk para pengunjung yang bersama rombongan dengan jumlah besar seperti rombongan wisata dari anak-anak sekolah. Ketua rombongan bisa mengirim surat lebih dahulu pada panitia kunjungan istana tentang rencana kunjungan serta detail rombongan. Untuk mengikuti tour keliling Istana Bogor, tentunya ada sejumlah persyaratan yang wajib diikuti. Diantaranya adalah pengunjung diharuskan untuk mengenakan pakaian rapi dan sopan, dan tidak diperbolehkan memakai sandal, membawa tas, maupun barang-barang yang tak diperlukan dalam tur di Wisata Istana Bogor ini.


EmoticonEmoticon