Sunday 1 September 2013

Kelenteng Hok Tek Bio yang dikenal juga dengan nama Vihara Dhanagun berada di Jalan Suryakencana No.1, Bogor. Letaknya tidak benar-benar di pinggir jalan, oleh karenanya, Kleteng ini tak akan terlihat oleh pejalan kaki, kecuali bila mereka menengokkan kepala ke kiri saat melewati Jalan Suryakencana. Pengunjung dapat masuk melalui sebuah gang lebar yang memang khusus untuk menuju kelenteng, gang ini dapat dilalui oleh dua kendaraan roda empat. Kelenteng ini pada gerbangnya, yang ditulis adalah nama Vihara Dhanagun, dengan bentuk serta warna merah dan kuning khas, Sebenarnya Klenteng Hok Tek Bio cukup mudah dilihat saat masuk jalan Suryakencana. Namun karena letaknya yang sedikit jauh ke dalam, sehingga gerbang Kelenteng Hok Tek Bio serig tak terlihat meski berkali-kali melewati jalan tersebut.


Kelenteng Hok Tek Bio letaknya tepat berada di belakang gerbang masuk yang memiliki halaman cukup luas serta terawat. Pada permukaan dinding sayap kiri bangunan Kelenteng, ada mural harimau belang, dan juga Biksu Tong Sam Chong yang digambarkan tengah duduk di atas seekor kuda putih, dan dikawal oleh Sun Go Kong, Tie Pat Kay serta Sam Cheng, dalam kisah perjalanannya menuju Barat (India). Kisah yang sudah terkenal selama berabad-abad tersebut berasal dari novel Cina klasik yang berjudul Shi You Ji (Perjalanan ke Barat) karya dari Wu Cheng-en, yang merupakan seorang sastrawan serta penyair yang hidup pada masa Dinasti Ming. Adapun konon tokoh fiksi Sun Go Kong, Tie Pat Kay serta Sam Cheng, dibuat oleh Wu Cheng-en untuk menyindir kondisi masyarakat kala itu. Sun Go Kong yang melambangkan kesombongan, Tie Pat Kay yang melambangkan kemalasan serta ketidakmampuan untuk menahan hawa nafsu, dan Sam Cheng yang melambangkan kebodohan. Serta kritiknya terhadap persaingan serta perseteruan para pengikut Konfusianisme, Taoisme serta Buddhisme pada masa Dinasti Yuan (Mongol) serta Ming, yang menjadikan mereka lama terjajah sebab tidak adanya persatuan.

Kelenteng Hok Tek Bio konon sudah berdiri sedari tahun 1672, tentunya tidak dalam bentuk yang seperti saat ini. Menurut penuturan dari seorang pria Cina sepuh di tempat ini, Bangunan Kelenteng Hok Tek Bio sebenarnya bukanlah sebuah kelenteng tertua di Bogor. Dikatakannya adalah Kelenteng Maha Brahma (Pan Kho Bio) yang berada di daerah Pulo Geulis yang sebenarnya merupakan kelenteng tertua di Bogor. Pulo Geulis berada di tengah Sungai Ciliwung, tepatnya ada di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Bogor.


EmoticonEmoticon