Sunday 18 August 2013

Wisata Gunung Salak - Gunung Salak merupakan salah satu gunung berapi yang ada di pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini memiliki dua puncak utama, yakni Puncak Salak I dan puncak Salak II. Tinggi dari puncak Salak I ialah 2.211 m dpl, dan puncak Salak II iaalah 2.180 m dpl. Ada satu puncak lagi di Gunung Salak yakni bernama Puncak Sumbul yang memiliki ketinggian 1.926 m dpl. Secara administratif letak Gunung Salak termasuk wilayah Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk kawasan hutannya mulanya ada di bawah pengelolaan Perum Perhutani KPH Bogor, namun mulai tahun 2003 jadi wilayah perluasan Taman Nasional Gunung Halimun, dan kini dinamakan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Banyak orang yang mengira kalau nama Gunung Salak berasal dari nama Buah Salak, akan tetapi sebenarnya nama gunung ini asalnya dari bahasa sansekerta, yakni Salaka yang artinya perak, jadi bisa dikatakan Gunung Perak.

Bagi wistawan pecinta alam, kegiatan mendaki gunung serta bermain di air terjun adalah hal yang wajib dinikmati di Gunung Salak. Namun begitu, bukan berarti indahnya panorama gunung salak tak diminati dapat dinikmati oleh keluarga. Salah satu obyek wisata di Jawa Barat ini selain air terjun yang punya daya tarik tersendiri, Gunung Salak juga dekat dan sangat mudah untuk dijangkau. Sejumlah obyek wisata menarik di Gunung Salak diantaranya adalah Curug Cihurang. Untuk perjalanan awalnya, Anda dapat mengunjungi Curug Cihurang yang biaya retribusinya Rp. 2.500,- per orangnya. Di sini Anda bisa melihat air terjun sesudah berjalan sekitar 150 meter dari pintu masuk. Meski air terjunnya tak terlalu tinggi, kolamnya yang tak terlalu dalam sangat tepat untuk bermain air.

Sesudah puas di Curug Cihurang, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menuju Curug Ngumpet. Lokasi dari wisata Curug Ngumpet ini tak terlalu jauh dari Curug Cihurang. Namun akan lebih baik jika Anda menuju ke tempat ini dengan kendaraan. Pengunjung akan dikenai biaya Rp. 2.500. Air terjun di sini memang lebih tinggi jika dibanding dengan Curug Cihurang, namun kawasan di sekitar air terjun ini tak terawat. Terdapat banyak sampah berserakan yang merusak pemandangan mata. Perjalanan selanjutnya adalah Curug Seribu. Sebagai air terjun yang terbilang cukup tinggi di kawasan obyek wisata Gunung Salak, Curug Seribu mempunyai tinggi sekitar 100 meter. Akan tetapi butuh ekstra usaha dalam mencapai lokasi ini. Anda harus berjalan di jalan setapak yang membelah hutan. Sensasi petualangan akan begitu terasa untuk bisa menikmati pesona keindahan air terjun yang mengalir di sela gunung salak ini.


EmoticonEmoticon