Monday 19 August 2013

Curug Panjang jaraknya hanya 8 kilometer jika dihitung dari jalan masuk Megamendung (dari arah jalan raya Bogor Puncak), namun terasa cukup jauh lantaran harus melewati jalan kecil yang pada sejumlah titik hanya dapat dilewati oleh satu mobil saja. Curug Panjang letaknya di lereng Gunung Paseban dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. kawasan wisata yang memiliki luas 30 hektar ini menyajikan keindahan Sungai Cirangrang sebagai komoditi utamanya. Sungai Cirangrang merupakan sungai yang membentuk 4 air terjun pada kawasan wisata ini, mulai dari yang paling atas, yakni Curug Blao, Curug Panjang, Curug Bunder kemudian Curug Barong.


Curug Panjang yang namanya digunakan sebagai nama lokasi wisata ini merupakan air terjun yang paling dekat dari gerbang masuk, paling ramai serta paling mudah dikunjungi. Sesuai dengan namanya, bentuk curug ini bukannya vertikal seperti air terjun pada umumnya, namun membentuk slope miring sepanjang kurang lebih 20 meter dengan debit air yang terbilang cukup deras. Terdapat dua jalan untuk dapat mencapainya, yaitu dengan jalan kaki sejauh 300 hingga 400 meter dengan sebagian perjalanan menyusuri sungai, atau bisa pula dengan jarak lebih jauh dengan cara melewati punggungan pada sebelah barat sungai lalu memutar melalui jembatan yang melintas di atas Curug Panjang dan menyeberang ke punggungan sisi timur sungai, melalui camping ground dan turun ke arah Curug. Kenyamanan wisata Curug Panjang tidak hanya dilihat dari pemandangan yang ditawarkan, namun juga dari lokasi yang terlihat terjaga kebersihannya. Salah satu yang jadi atraksi utama adalah sebuah kolam alami yang terbentuk dari dampak derasnya aliran air Curug Panjang, konon dikatakan bisa sedalam lebih dari 5 meter. Di pinggir kolam tersebut ada tebing setinggi 3 hingga 4 meter yang biasanya dipakai oleh para wisatawan yang nekat untuk melakukan dive jump, meski sekarang ini dilarang dengan alasan keamanan.

Sejumlah aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakuak di sisni adalah outbound/gathering, camping, bushwalking ke sejumlah curug lain, mountain-bike, dan tentunya jeprat jepret mengabadikan keindahan curug panjang. Cocok untuk sekedar one day family picnic atau untuk yang ingin camping namun tidak punya camping gear, di sini juga disewakan tenda, sleeping bag dan lain-lain, termasuk juga alat masak. Lokasi Wisata Curug Panjang dapat juga dicapai dari arah Cilember, namun Anda harus rela melewati jalan tanah cukup lebar.


EmoticonEmoticon