Tuesday 20 August 2013

Wisata Kuliner Bogor - Bogor mungkin lebih terkenal akan wisata alamnya, namun bukan berarti Bogor tak menyimpan wisata kuliner yang bagus. Di bogor, ada banyak tempat menarik yang bisa Anda jadikan sebagai tempat wisata kuliner Bogor. Nah, berikut adalah beberapa yang terbaik dan terpopuler.


1. Pajajaran
adalah jalan raya Pajajaran yang merupakan salah satu jalan utama di kota Bogor, jalan ini memanjang dari Warung Jambu sampai Ekalokasari Plaza. Jalan Pajajaran jadi daerah pusat perbelanjaan, sekolah, kampus, perkantoran, penginapan, serta tentunya tempat kuliner. Bila kita keluar dari pintu tol bogor maka akan langsung ketemu jalan ini. Tempat wisata kuliner yang berada di jalan Pajajaran ini diantaranya adalah Roti Unyil Venus, Lapis Bogor, Boombu Hot, Wajan Bekas, Taman Palem, Mie Jogja Pak Karso, Sariwangi, Gili-Gili, Martabak Bolu Mirah, Kintamani, Dewi Sri, De’Leuit, Ny. Yenny, Jumbo Bakery, Michele Bakery, Trio Padang, Resto Vegetarian Karunia Baru, Bumbu Desa, Midori Resto, Hanamasa, dan Gurih 7. Jalan Pajajaran jugajadi akses jalan untuk menuju kawasan wisata kuliner lainnya seperti Taman Kencana dan Bantarjati.
2. Taman Kencana
Taman Kencana merupakan sebuah taman kota yang berada di tengah kota bogor. Lokasinya tak jauh dari jalan Pajajaran. Yakni di daerah Taman Kencana (biasanya disingkat: TaKen) banyak terdapat tempat wista kuliner yang tak hanya populer di kalangan warga bogor saja, namun juga populer dikalangan wisatawan dari daerah luar bogor seperti Jakarta. Diantaranya seperti Lasagna Gulung, Rumah Cup Cakes, Macaroni Panggang, Pia Apple Pie, D’Fla Cake House, Cafe Met Lief De, Klapertaart Huiz, Ali Baba, Kedai Kita, Waroeng Taman, Death by Chocolate, Agri Park, Cofffe Time, dan Sop Buah Pak Ewok.
3. Bantarjati
Wisata Kuliner Bogor yang sayang untuk Anda lewatkan lainnya adalah Bantarjati. Tempat ini adalah salah satu kawasan perumahan di Bogor yang punya banyak tempat wisata kuliner yang beragam dan tak kalah menggoda. Diantaranya adalah Bakso Boboho, yang jadi tempat makan bakso favorit dari banyak warga Bogor. Tidak hanya itu, di sana juga ada Bakso Seuseupan serta Bakso Atom yang tak kalah maknyuss. Wisata kuliner lainnya di Bantarjati diantarnya adalah Happy Cow Steak, Burganni, Rumah Makan Manjabal, Bak Mie-Kita, Bebek Goreng Pak Slamet, Kedai Kalam serta Ayam Geprek.
4. Sudirman (dan Air Mancur)
Sepanjang jalan Sudirman, mulai dari Rumah Sakit Salak Bogor sampai daerah Air Mancur. Di tempat ini banyak tempat kuliner zaman dulu yang telah ada sejak puluhan tahun yang lalu, seperti Bogor Permai serta Mie Sahabat Yunsin. Soto Karak, Martabak Air Mancur, Martabak Fatmawati, Pecel Lele Lela, Mie Bangka, RM. Kebuli, serta Raffles Foodlife yang juga cukup populer di kawasan ini.
5. Suryakencana (Chinatown)
Jalan Suryakencana atau biasa juga disebut Surken, dikenal sebagai daerah Chinatown-nya kota Bogor adlah kawasan wisata kuliner yang tak hanya populer bagi warga Bogor saja ,namun juga banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota bogor. Salah satu yang paling ngetop adalah Gang Aut! Di Gang Aut, wisata kuliner yang paling terkenal adalah Bakso Kikil Pak Jaka, Combro, Es Pala, Soto Bogor Pak Yusuo, Asinan Jagung Baka, Ngo Hiang khas Gg dan Es Bir Kocok. Aut serta masih banyak jajanan lainnya yang tentunya sangat enak. Di Surya kencana juga ada Soto Mie Ciseeng, Rujak Uleg Toko Bima, Kedai Mie Sehat, Mie Wong, Mie Tasik, Nasi Goreng Goan Tjo, De’Paris Bakery, Saung Kuring. Soto Mie Agih, Bebek Dubes serta Jawara Bakery. Akan tetai, perlu diperhatikan, khususnya bagi yang muslim bila ingin menikmati kuliner di kawasan ini sebaiknya menanyakan ebih dulu apakah tempat yang akan Anda kunjungi menjual menu daging babi atau tidak.

Demikianlah beberapa tempat wisata kuliner Bogor yang sayang untuk Anda lewatkan. Jadi, saat Anda berwisata ke Bogor, jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut.


EmoticonEmoticon