Sunday 28 July 2013

Curug Cigamea adalah salah satu Wisata air terjun yang bisa Anda kunjungi di kota Bogor. Curug Cigame alokasinya tidak terlalu jauh dari pintu masuk Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, yakni hanya berjarak kurang lebih 2 km. Saat Anda sudah  tiba di jalan raya utama, maka Anda usdah dapat melihat pintu masuknya. Anda tidak perlu khawatir harus berjalan jauh-jauh untuk sampai Curug ini. Karena berbeda dengan Curug Seribu yang jalannya masih cuku sulit ditempuh, untuk menuju Curug Cigamea Anda akan disuguhi perjalanan yang lebih mudah dan menyenangkan. Jalan yang Anda tempuh muali dari pintu masuk lokasi hingga ke Curug sudah sangat bagus dan tertata rapi, dipinggirannya juga sudah diberikan pagar pembatas. Meskipun jalannya cukup tinggi dan berundak-undak, Anda tidak akan terlalu merasa lelah saat berjalan pada jalan sepanjang 400 meter tersebut, karena perhatian Anda akan teralih dan lebih menikmati keindahan pemandangan sederetan bukit yang hijau.

Curug cigamea

Di Curug Cigamea, terdapat dua air terjun utama yang tiap air terjunnya memiliki pesona dan keunikannya yang tersendiri. Yang pertama, air terjunnya memiliki debit air yang lebih kecil yang tercurah melebar di sepanjang batu berwarna hitam. Namun sayangnya, tidak ada kolam yang memadai untuk fasilitas berenang d bawah curahannya. Namun begitu, Anda dapat menikmati berdiri di curahan airnya yang jatuh perlahan seperti air hujan. Sedangkan yang kedua, memiliki debit air yanglebih deras, sedikit mirip dengan Curug Seribu yang tercurah dari sela tebing dan tumbuh-tumbuhan. Meskipun tidak setinggi Curug Seribu, sebenarnya curug kedua di Cigamea ini terbilang cukup tinggi, namun ketinggiannya sendiri, tidak bisa dilihat dari lokasi Curug karena rimbunnya tetumbuhan di sana, ketinggian Curugnya hanya terlihat separuhnya saja. Saat Anda menuruni menuruni undakan dari pintu masuk, cobalah tengok sisi tebing ini, maka akan terlihat ketinggian Curug Cigamea yang kedua yang sebenarnya.

Sangat menyenangkan untuk basah-basahan di bawah air terjun atau berenang di kolam air terjun yang tersedia di Curug yang kedua ini. Di sini, curahan dan debit airnya lebih bersahabat jika dibandingkan dengan Curug Seribu. Sehingga, Anda bisa dengan nyaman berenang di dalam segarnya air di kolam Curug Cigamea. Namun begitu, Anda juga patut waspaspada debit air Curug Cigamea yang terkadang meningkat secara tiba-tiba. 


EmoticonEmoticon