Sunday 25 August 2013

Taman Buah Mekar Sari adalah sebuah taman eksotis yang menyimpan bermacam jenis buah-buahan dari beragam daerah di Indonesia. Loksinys berada di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol, Bogor. Jika dari Jakarta, untuk menuju Taman Buah Mekar Sari kurang lebih memakan waktu satu jam. PT Mekar Unggul Sari yang merupakan pengelola Taman Wisata Mekarsari menawarkan beragam program menarik serta fasilitas yang lengkap. Begitu sampai di Taman Wisata yang memiliki luas 264 hektar ini, pengunjung akan disuguhi beragam jenis atraksi wisata yang menarik.


Kunjungan ke Taman Buah Mekar Sari dapat diawali dengan keliling menaiki kereta wisata dan menyaksikan koleksi tanaman buah-buahan yang ada. Selama berkeliling, pengunjung akan melewati sejumlah obyek menarik seperti, area pembibitan, area rumah plastik, persemaian, wahana outbound, kolam pemancingan, kebun sayur, tanaman buah dalam pot, kebun wista salak, rambutan, melon, jeruk, belimbing, nagka dan lainnya. Ketika melewati kebun wisata melon, kita bisa turun sejenak untuk melihat buah melon yang berada dalam rumah plastik. Jika waktu berkunjung melon sedang masa berbuah, kita dapat memetik buah melon langsung dari pohonnya. Jenis melon yang ada pun cukup beragam, diantaranya melon jade flower, glamour, golden light, golden langkawi, serta renong. Sesudah puas berkeliling menggunakan kereta wisata, kita dapat istirahat sejenak di bangunan air terjun. Bangunan tersebut cukup unik jika dilihat dari luar, sebab dari atas gedung tersebut air mengalir ke bawah seperti air terjun.

Wisata Taman Buah Mekarsari saat ini sudah mengkoleksi lebih dari ribuan tanaman dari sejumlah jenis dan spesies. Selain buah yang ditanamkan sesuai dengan aslinya, terdapat pula tanaman buah hasil kreasi sendiri hasil dari kretifitas Laboratorium Mekarsari. Sejumlah produk yang sudah dihasilkan dari laboratorium ini sudah berhasil menarik minat para wisatawan, dan malah sudah jadi produk unggulan. Diantaranya seperti nenas arnis, jambu air irung petruk, barbados cerry, jambu air toon klow, nangkadak, cempeka, jambu air cengkih serta pedakka. Beberpaa jenis buah yang disebutkan tadi merupakan hasil persilangan dari cempedak dengan nangka. Rasa serta aromanya begitu khas. Rasanya manis seperti cempedak namun berbentuk seperti nangka. Kini, tanaman tersebut masih sedang dalam proses pengembangan. Jika Anda tertarik untuk membeli bibitnya, Anda dapat memperolehnya di Garden Center, yakni tempat yang dikhususkan untuk menjual beragam bibit tanaman buah.


EmoticonEmoticon