Kebun Durian Warso

Kebun Durian Warso - Apakah Anda seorang penggemar buah durian? jika iya, maka Anda harus datang ke tempat ini. Yaitu Kebun Durian Warso yang sering juga disebut Warso Farm. Udara yang sejuk serta suasana yang asri segera menyergap saat Anda mulai memasuki kawasan wisata alam ini. Anda akan disambut oleh replika buah durian serta buah naga raksasa yang menandakan kalau Anda telah tiba di perkebunan yang memang didominasi oleh kebun buah durian serta kebun buah naga. Tentu, bila Anda adalah penggila durian, tentu Anda tak akan sabar rasanya untuk segera menikmati durian sekaligus menikmati indahnya kebun durian yang asri. Konsep argowisata pada Kebun Durian Warso ini memang memiliki tujuan untuk menjaring wisatawan hingga jadi objek wisata yang menyenangkan, terlebih sebagai wisata keluarga.


Kebun Durian Warso Dibangun sejak 7 tahun lalu oleh Soewarso Pawakan, seorang pensiunan anggota Korps Palat TNI AD di atas tanah dengan luas 8,5 hektar, bukanlah sembarangan niat yang ingin dilakukan olehnya kala itu. Pak Warso mengatakan Ia membuat kebun ini untuk menghabiskan masa tuanya, menikmatinya, membaginya pada orang lain, dan sebagai pendidikan yang tidak harus didapat secara formal. Kebun Durian Warso berada di Desa Cihideung, Kelurahan Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Kebun durian ini dibuka mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Untuk menuju ke tempat ini pun cukup mudah. Bila dari arah keluar pintu tol Ciawi, lalu menuju arah ke Sukabumi. 11 kilometer dari Ciawi, hingga Pasar Caringin. Kemudian belok ke kanan (silahkan lihat petunjuk ke Warso Farm di sisi kiri). Lalu Cijeruk-Caringin Raya, melewati Stasiun (Maseng) Caringin hingga pertigaan berjarak 4 km. Dari pertigaan Cipelang - Cijeruk, kemudian belok kanan, dan sekitar 3 km di sebelah kiri jalan, Anda sudah sampai di Kebun Durian Warso. Namun bila keluar dari pintu tol Bogor, lewat jalan Pajajaran ke arah Tajur. Di pertigaan (bunderan) Eka Lokasari, silahkan ambil kanan ke Lawang Gintung. Di pertigaan Batu Tulis - Drs. Danasasmita, pilih kiri menuju ke Stasiun Batu Tulis. Lanjutkanlah menuju Jalan Ence Sumartadireja (Pamoyanan) - Cipicung - Palasari - Cipelang.

Saat mengelilingi Wisata alam kebun durian Warso, akan terlihat barisan pohon durian yang ditanam rapi berjarak tertentu yang sangat enak dilihat. Diantara tanaman durian, terhampar rumput hijau yang terawat rapi bak permadani yang menutup tanah, semakin menambah keasrian kebun Durian secara keseluruhan. Beragam jenis durian unggul baik lokal maupun luar negeri banyak ditanam di kebun ini. Ada sekitar 900 pohon durian dengan 7 jenis unggulan, diantaranya adalah  petruk, sunan, tembaga, lay, monthong, dan simas. Simas merupakan variates asli Bogor yang memiliki daging kenyal berwarna kuning. Durian varietas 'bule' yang terkenal adalah durian monthong. Durian monthong memang terlihat menarik. Meski tinggi pohonnya hanya dua meter-an, produksi buah durian yang bergelantungan hampir menyentuh tanah ini jadi daya tarik serta disukai banyak orang. Harga duriannya sendiri ditentukan dengan dua cara, yakni dihitung per kilo (durian monthong) atau per buah (lokal unggulan). Terdapat banyak lapak sebagai tempat istirahat sambil menikmati buah durian yang baru dipetik di Kebun Durian Warso.
Kebun Durian Warso | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment